6 Penyebab Payudara Kendur dan Cara Mencegahnya

Payudara merupakan salah satu bagian paling menarik bagi tubuh wanita yang juga sering menjadi perhatian para pria. Tapi beberapa hal dapat membuatnya mengendur dan mengurangi keindahannya. Apa saja?

Payudara terdiri dari lemak yang menentukan ukuran dan bentuk payudara, kelenjar yang memproduksi air susu, dan jaringan ikat yang memberikan dukungan pada payudara.

Sejumlah faktor dapat mempengaruhi masing-masing komponen jaringan payudara, sehingga tampilan payudara menjadi kendur. Dilansir Livestrong,  berikut beberapa faktor penyebab kendurnya payudara:

 1. Merokok

Ketika seseorang merokok, asap yang mengandung karsinogen memasuki elastin tubuh dan menyebabkannya pecah di dalam tubuh. Serat elastin ini bertanggung jawab untuk elastisitas kulit, yang berarti kurangnya serat menyebabkan kulit tampak kendur, termasuk juga pada kulit payudara.

2. Diet yo-yo (berat badan naik dan turun dengan cepat)

Diet yo-yo menyebabkan payudara kehilangan lemak dengan cepat, sehingga dapat menyebabkan payudara mengecil. Ketika Anda menaikkan berat badan dengan tiba-tiba, ligamen tubuh mungkin sudah tidak berada pada tempat semestinya untuk mendukung jaringan payudara, yang menyebabkan payudara mengendur.

3. Kehamilan yang besar

Sama prinsipnya dengan diet yo-yo, berat badan yang berlebih saat hamil dan tiba-tiba mengurus usai persalinan juga dapat menyebabkan payudara mengendur.

4. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, serat elastin tubuh yang menjaga kulit tetap kencang dan serat kolagen yang memberikan kekuatan jaringan dan fleksibilitas semakin menurun. Hal inilah yang menyebabkan payudara semakin kendur seiring usia dan akan tampak jelas setelah wanita mengalami menopause.

5. Gaya gravitasi

Gaya tarik atau gravitasi bumi dapat mempengaruhi besar kecilnya payudara dan juga bisa membuat payudara tampak kendur. Untuk alasan ini, penting bagi wanita untuk menggunakan bra yang menyediakan dukungan yang cukup untuk memerangi efek gravitasi.

6. Olahraga

Olahraga seperti jogging dan lari yang membuat gerakan berulang pada payudara dengan cepat dapat meregangkan ligamen pada payudara. Hal ini akan semakin buruk bila kegiatan olahraga tersebut tidak didukung dengan mengenakan sport bra atau pakaian lain yang memberi dukungan tambaha pada payudara saat bergerak.

Berikut beberapa cara sehat untuk agar payudara tak kendur:

  • Kenakan bra yang sesuai
  • Olahraga yang memperkuat otot dada seperti berenang, push up atau latihan barbel.
  • Berhenti merokok
  • Pijat payudara

Posted on 04/11/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: