Aduh, Putingku Nyungslep!

picture1c.jpgJangan buru-buru panik jika puting susu Anda masuk ke dalam atau datar. Masih bisa diatasi, kok. Caranya? Lakukanlah penarikan di bagian tersebut agar keluar. “Tapi upaya penarikan puting ini jangan dilakukan pada kehamilan usia muda, ya,” pesan dr. Suharjanti. Sebab, bisa merangsang rahim untuk berkontraksi sehingga mengakibatkan aliran darah ke janin jadi tak baik.

Waktu yang tepat untuk memulai penarikan puting ialah sejak masa kehamilan 37 minggu atau menjelang persalinan. Setelah ditarik, puting diputar kanan-kiri seolah-olah hendak dipanjangkan, lalu dipilin supaya lentur. Memakai pompa puting atau nipple puller juga bisa dilakukan untuk membantu.

KALA PAYUDARA MEMBENGKAK DI AWAL MENYUSUI

Seringkali payudara mengalami pembengkakan di awal-awal menyusui. Hal ini terjadi karena jalannya ASI kurang lancar. Misalnya, ASI sudah penuh sementara si bayi belum kuat minumnya sehingga menjadi tersumbat. Akibatnya, payudara lantas membengkak.

Untuk mengatasinya, lakukan pengompresan dengan air hangat agar pembuluh darah melebar dan oksigen bertambah. Setelah itu di-massage. Caranya sama dengan massage payudara saat hamil. Dengan demikian ASI menjadi lancar kembali.

picture1a.jpgBerdiri dengan kedua tangan saling bersedekap, kemudian tekan ke arah dada dengan cara mempererat pegangan lalu dilemaskan kembali. Ujung jari memegang bahu kemudian putar ke depan.
picture1b.jpgDilanjutkan gerakan tangan ke atas dan ke belakang, dan kembali ke posisi semula. Ujung jari memegang bahu kemudian putar ke depan. Dilanjutkan gerakan tangan ke atas dan ke belakang, dan kembali ke posisi semula
picture1d.jpgSetelah diolesi minyak, urutlah keliling payudara, kemudian dari pangkal ke arah puting.
picture1e.jpgKetuk-ketuklah sekeliling puting dengan ujung jari atau ujung ruas jari.
picture1f.jpgBasuh payudara dengan air hangat kemudian air dingin.
 SUMBER: yuwielueninet.wordpress.

Posted on 27/10/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: