Pria Ini Mengidap Kanker Payudara

Ayah dan ibunya juga menderita kanker payudara dan telah menjalani operasi.

VIVAnews – Kanker payudara tak hanya mengancam wanita. Penyakit mematikan itu juga bisa terjadi pada pria. Seperti yang dialami Scott Cunningham, 45.

Pria asal Marion, Carolina Utara, Amerika Serikat, itu terpaksa menjalani operasi pengangkatan jaringan payudara di bawah lapisan putingnya. “Ada semacam benjolan yang diangkat dari balik dada saya,” kata Cunningham seperti dikutip dari laman ABC News.

Penyakit yang dideritanya diperkirakan terjadi akibat faktor genetik. Pada 1990-an, ayah dan ibunya juga menjalani operasi kanker payudara. “Sebenarnya masih tak terbayang seorang pria bisa mengalami ini,” katanya.

Secara medis, ayah dengan mutasi gen kanker payudara bisa mewariskan sel kanker kepada anaknya baik laki-laki maupun perempuan.

Kasus serupa juga menimpa bintang film Amerika era 1970-an, Richard Rountree, dan penabuh drum band ‘Kiss’ yang tenar di Amerika pada 1970-an, Peter Criss. “Ini bisa menimpa semua pria, tak peduli segahar apa dia, seberapa banyak tatonya,” kata Criss, yang berhasil keluar dari maut setelah menjalani operasi pengangkatan jaringan payudara pada 2008.

Catatan American Cancer Society menunjukkan, terjadi hampir 2.000 kasus kanker payudara pada pria di Amerika Serikat pada 2009. Sekitar 440 pasien di antaranya meninggal. Jumlah itu memang tak sebanyak wanita yang mencapai 240.000 kasus dengan 40.000 pasien meninggal.

Kanker payudara bisa menyerang pria pada berbagai usia. Selain genetika, kanker payudara pada pria juga dapat disebabkan oleh gaya hidup tak sehat seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol. Juga gangguan hati yang berdampak pada metabolisme hormonal. Pria dengan kelebihan hormon estrogen juga memiliki risiko tinggi terserang penyakit ini.

• VIVAnews

Posted on 25/10/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: