Melatih Otot Dada, Kencangkan Payudara

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat penampilan payudara lebih cantik. Salah satunya, penggunaan berbagai krim yang bertujuan mengencangkan payudara. Juga, membuat kulit lebih sehat.
Sayangnya, ada faktor lain yang sering dilupakan. Yakni, otot penyangga payudara. “Otot-otot inilah yang berfungsi menopang payudara,” ujar dr Ina Isworo. Untuk membuat payudara tampak lebih kencang, otot-otot itu seharusnya dilatih. “Jadi, tak hanya kulit payudara yang dirawat. Otot-ototnya juga perlu perhatian khusus,” tambah dokter RS Adi Husada, Undaan Wetan, Surabaya, itu.

Dia menjelaskan, payudara merupakan organ yang terdiri atas lemak dan kelenjar. Jadi, penggunaan aneka krim hanya menstimulus bagian-bagian tersebut. Padahal, untuk membuat payudara lebih kencang, justru otot-otot penyangga yang harus dibuat lebih kuat.

Prinsip latihannya sederhana. Cukup melatih otot-otot dada. Mengontraksikan otot-otot dada merupakan salah satu latihan utama. Caranya adalah mempertemukan telapak tangan kanan dan kiri di depan payudara. Kemudian, keduanya saling ditekan kuat-kuat. “Dengan gerakan ini, otot dada akan berkontraksi,” jelasnya dalam seminar di RS Adi Husada, Undaan Wetan, beberapa waktu lalu. Setelah itu, otot direlaksasikan.

Latihan dapat dilakukan tiga set. Masing-masing sepuluh hitungan. Satu hitungan terdiri atas satu kali kontraksi ditambah satu kali relaksasi. Relaksasi dibutuhkan untuk mengistirahatkan otot sehingga tidak terus-menerus berkontraksi.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, latihan cukup sekali sehari. Jika rutin dilakukan, otot-otot dada penyangga payudara akan lebih kencang. Dengan demikian, payudara akan tampak terangkat. Sebaiknya, latihan dikombinasikan dengan gerakan lain. “Itu perlu karena otot-otot dada juga berhubungan dengan otot-otot tubuh yang lain,” ujar wanita berambut pendek itu.

Sebisa mungkin otot yang berhubungan dengan dada harus dilatih. Antara lain, otot lengan, bahu, dan perut. Selain latihan, yang tidak kalah penting adalah menyangga payudara dengan bra sesuai ukuran. “Ini akan membantu memperkencang payudara dan memperlambat proses penurunan payudara,” paparnya.

Sumber: f-buzz.com

Posted on 23/10/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: