Penyakit Paget

Pada umumnya, separoh dari pasien paget, terdapat pada puting. Dan pada saat pemeriksaan secara fisik akan terasa adanya benjolan dipayudara. Dalam banyak kasus, Paget pada puting awalnya hanya terbatas disekitar putting saja, namun kemudian akan menyebar ke areola ( area bulat berwarna gelap sekitar puting ), atau area lain disekitar payudara. Penyakit paget pada puting bisa juga hanya terlihat pada areola saja dimana terlihat seperti eksim, berwarna merah kasar dan gatal. Meskipun jarang, Paget bisa ditemukan di kedua payudara.

                                            Diatas adalah type dari ulcerating types of paget dan eczema of paget

BAGAIMANA PENYAKIT PAGET DIDIAGNOSA?

Apabila dokter curiga terhadap Paget pada puting payudara, biasanya pasien diminta melakukan biopsy, yaitu dokter mengambil sedikit jaringan, kemudian oleh ahli Patology akan menganalisa jaringan tersebut untuk mengetahui apakah ada sel Paget didalamnya. Kadang cairan yang keluar dari putingpun akan diselidiki, apakah juga sudah mengandung sel Paget.Karena pada umumnya pasien dengan penyakit Paget pada puting itu akan berkembang menjadi kanker, maka pemeriksaan lanjutan seperti Mammography digunakan untuk melengkapi diagnosa.

BAGAIMANA MENANGANI PENYAKIT PAGET ?

Operasi adalah penanganan yang sering dilakukan untuk penyakit Paget.Selanjutnya penanganan secara khusus dilakukan sesuai dengan kondisi kanker payudaranya. Misalnya Modified radical mastectomy mungkin akan direkomendasikan kepada pasien, apabila ternyata pada hasil Patologinya diagnosis sebagai kanker yang invasive atau extensive DCIS ( dua-duanya sifatnya menyebar ). Dalam operasi ini, dokter bedah akan mengangkat payudara, otot sepanjang dada dan beberapa kelenjar getah bening di bawah ketiak. Dalam kasus dimana Kanker payudaranya tidak invasive ( menyebar ) maka dokter bedah hanya akan melakukan simple mastectomy untuk mengangkat payudara dan otot dada. Alternative lain apabila paget tersebut memang benar-benar hanya ada di puting saja dan area sekitarnya, maka dokter bedah hanya akan melakukan operasi yang disebut breast conserving surgery yaitu mengangkat puting, areola, dan sebagian area yang diyakini telah mengandung sel kanker. Atau lumpectomy, kemudian diikuti dengan radiotherapy kemungkinan juga chemotherapy dan hormone terapi untuk menjaga agar tidak kambuh lagi.

sumber: http://kankerpayudara.wordpress.com

Posted on 22/10/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: