Payudara Pria Kecil, tapi Berisiko Kanker

Dwi Indah Nurcahyani – Okezone

 URUSAN kanker payudara ternyata tak hanya milik wanita semata, kaum Adam pun ternyata memiliki risiko yang sama terserang penyakit mematikan tersebut.

Selama ini kanker payudara memang identik dengan wanita. Padahal kepemilikan payudara pun juga dimiliki pria, sehingga mereka memiliki potensi yang sama untuk terkena kanker payudara.

Meski payudara pria lebih kecil ukurannya dari wanita, risiko untuk terkena kanker payudara tetap mengintai. Justru, payudara yang kecil memungkinkan adanya risiko yang lebih besar.

Dr Lukiarti Rukmini MPH selaku Sekretaris Umum Yayasan Kanker Indonesia mengatakan, bahwa dari datanya ditemukan kalau penderita kanker 63 persen adalah wanita sementara 30 persen sekian adalah pria.

Dilanjutkan Dr Luki, bahwa dari 10 penyakit kanker yang teratas di Indonesia kanker payudara menempati posisi kedua setelah kanker rahim.

Menyambung Dr Luki perihal kanker payudara, dr Saptadi Setia Basuki SpBOnk mengemukakan bahwa di antara para penderita kanker payudara 1 persen adalah kaum pria.

“Secara penelitian kami memang belum ada, tapi kanker payudara pada pria cenderung lebih agresif,” tuturnya dalam seminar kesehatan “Deteksi Dini dan Penanganan Kanker Payudara” bersama General Electric (GE) dan GE Woman Network di Ceria Room, Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (21/10/2011).

Alasannya, lanjut dr Saptadi payudara pria yang kecil membuatnya langsung berhubungan dengan area sekitar, yakni dinding dada.

“Kemungkinannya sejauh ini memang alasan tersebut. Pasalnya kalau payudara besar, masih ada jaringan-jaringan berikutnya yang kemudian baru menjalar ke dalam. Itu adalah logikanya karena sejauh ini belum ada penelitiannya,” sambungnya. Saptadi sendiri memiliki pasien pria yang sempat terkena kanker payudara. “Rata-rata usia pasien di atas 50 tahun. Pada pria memang lebih lanjut dibandingkan dengan wanita yang baru dimulai sejak 35-40 tahun. Mengenai penyebabnya memang tidak diketahui persis. Ketika pasien datang, mereka sudah dengan kondisi ada benjolan dan ketika diperiksa lebih lanjut ternyata kanker,” tutupnya.

source: okezone.com

 

Posted on 22/10/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: