Pembunuh Ganas Perempuan Indonesia ke-2 : Penyakit Kanker Payudara (Breast Cancer)

By Yunan Shalimow

Bukan perampok ganas, pembunuh berdarah dingin, Rajatega, dll yang menghantui kematian perempuan Indonesia. Namun “Hantu ganas” tersebut wujudnya adalah sebuah penyakit yang dikenal dengan sebutan Kanker Payudara (Breast Cancer). Sudah begitu banyak perempuan dinegeri ini tumbang olehnya, dan sampai sekarang kiprahnya tidak terhenti, namun terus merengsek tubuh perempuan Indonesia. Tidak bisakah dicegah? Mengapa demikian?

Kanker Payudara (Breast Cancer/ Carcinoma mammae) merupakan penyakit dalam tubuh akibat pertumbuhan berlebih atau sebuah perkembangan liar dari sel-sel pada payudara,  Perlu ditegaskan pula bahwa penyakit ini tidak hanya menyerang pada perempuan saja namun menyerang pria dan waria sekalipun.  Perbandingan 1 di antara 1000 antara penderita pria dan perempuan.

Yang banyak dipertanyakan oleh orang adalah apa yang menyebabkan penyakit Kanker Payudara ini. Sampai kini memang belum diketahui penyebab pastinya kanker ganas ini, namun beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain:

Penggunaan produk modern yang berbahaya sejak bayi, antara lain pampers dan pembalut perempuan yang dibuat dari bahan kertas bekas yang mengandung Zat dioksin yang bisa langsung masuk ke dalam rahim dan masuk ke dalam pembuluh darah bisa menghancurkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kadar anti oxidan di dalam tubuh. Kejadian ini  bisa menyebabkan munculnya penyakit kanker, termasuk kanker payudara. (cek bakarlah pampers bayi dan pembalut perempuan, maka baunya adalah kertas terbakar).

Pemakaian obat-obatan yang bisa memicu seperti therapy obat hormon pengganti {hormone replacement therapy (HRT)} seperti Hormon eksogen. Selain itu penderita yang sering menghadapi stress (goncangan jiwa) rawan juga, hal ini hasil penelitian.

Faktor yang lain diduga sebagai pemicu adalah situasi perempuan yang tidak menikah, atau menikah namun belum mempunyai anak, atau juga perempuan yang melahirkan anak pertama diatas usia 35 tahun, sehingga tidak mengalami proses menyusui anak.

Perkembangan penyakit ini diTandai dengan Gejala  seperti: penderita merasakan ada benjolan liar dan aneh pada jaringan payudara, seperti  salah satu payudara tampak lebih besar.  Benjolan tersebut  umumnya tidak terasa sakit.  Pada saat benjolan membesar, barulah terasa sakit pada saat ditekan.

Puting susu yang mengalami pengkerutan kedalam, warna merah muda berubah jadi kecoklatan, atau adanya oedema (bengkak) disekitar putting.  Hal yang lain seperti sering keluar cairan dari puting susu saat tidak sedang menyusui bayi. Hal yang demikian merupakan salah satu tanda nyata kanker payudara, sehingga segera periksakan kedokter ahli.

Untuk melakukan diagnosa  kepastian adanya penyakit kanker payudara dilakukan  dengan cara pengambilan sample jaringan dari sel payudara yang mengalami kelainan/ pembenjolan tersebut. Cara ini untuk memastikan apakah jenis pertumbuhan sel bersifat tumor jinak atau tumor ganas (kanker).

Dua type penyakit kanker payudara dapat diketahui melalui pemeriksaan mammograms, yaitu :

  1. non invasive, terjadi pada kantung (tube) susu dan puting payudara (ductal carcinoma in situ’ (DCIS), kanker belum menyebar pada bagian luar jaringan kantung susu.
  2. invasive, kanker telah menyebar keluar bagian kantung susu dan menyerang jaringan sekitarnya seperti kelenjar lympa dan lainnya melalui peredaran darah.

Pencegahan Penyakit Kanker Payudara
Segera memeriksakan ke dokter jangan sampai terlambat bila ada pembesaran sebelah, ada benjolan di payudara, nyeri pada puting susu dll.
Hindari kegemukan, dengan mengurangi makan yang berlemak, banyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan COlahraga teratur, dan Check-up payudara secara rutin.
Pergunakanalah produk seperti pampers dan produk pembalut yang sehat dan tidak mengandung racun. Seperti produk-produk herbal yang sudah semakin banyak dipasaran. Terima kasih, ingat untuk selalu menjaga kesehatan badan dengan menata pola makan, pola tidur, pola hidup! semoga manfaat.

sumber: http://www.shalimow.com/kesehatan/penyakit-perempuan-indonesia-kanker-payudara-breast-cancer.html

Deteksi dini kanker payudara dengan sadari dan pijat payudara secara teratur, ikuti panduan lengkapnya disini.

Posted on 20/10/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: