Kenali Kanker Payudara pada Pria

Kenali Kanker Payudara pada Pria

sxc.hu

MESKIPUN lebih sering terjadi pada perempuan, bukan berarti kanker payudara tak memengaruhi kaum laki-laki. Pria memang pada umumnya berisiko rendah terkena kanker payudara, tetapi jika menemukan perubahan di payudara, mereka haruslah ke dokter.

Sama seperti kanker payudara pada perempuan, angka kejadian kanker payudara pada pria juga meningkat seiring dengan usia.

Faktor risiko
Faktor risiko kanker payudara pada laki-laki termasuk mutasi gen BRCA, sindrom Klinefelter, gangguan testis, sejarah keluarga kanker payudara laki-laki atau perempuan, dan tingkat estrogen yang tinggi. Juga konsumsi alkohol berlebihan, tembakau, kurang aktivitas fisik, dan obesitas. Pria memiliki sejumlah kecil jaringan payudara nonfunctioning (jaringan payudara yang tidak memproduksi ASI) yang terkonsentrasi di daerah tersebut langsung di belakang puting pada dinding dada. Seperti kanker payudara pada perempuan, pertumbuhan kanker payudara disebabkan pertumbuhan sel-sel abnormal jaringan payudara yang tidak terkendali.

Gejala
Kanker payudara pada pria tidak menimbulkan gejala-gejala bila masih berukuran kecil masih dapat diobati. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengikuti skrining mendeteksi kanker payudara pada tahap awal, sebelum gejalanya berkembang. Tanda paling umum pada pria adalah rasa sakit tepat di bawah puting. Mungkin tidak ada gejala terkait lainnya. Kanker juga dapat menyebabkan perubahan kulit di daerah puting. Ini dapat termasuk ulserasi kulit, kerutan, atau dimpling, kemerahan atau sisik pada puting, atau retraksi (berbalik batin) dari puting. Berdarah atau warna buram dari puting juga dapat terjadi.

Diagnosis
Pria dari segala usia dapat terkena penyakit ini. Diagnosis kanker payudara memerlukan identifikasi sel-sel kanker dalam spesimen jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Hal ini dapat didiagnosis dengan:

a. Pemeriksaan payudara sendiri
b. Pemeriksaan putting
c. Mammogram
d. USG payudara

Pengobatan
Ini tergantung pada stadium dan kondisi fisik keseluruhan pasien. Kebanyakan pria didiagnosis dengan kanker awalnya dirawat dengan pembedahan. Metode lain yang digunakan adalah:

1. Terapi radiasi: Dapat digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang masih tersisa di payudara, dinding dada, atau daerah ketiak setelah operasi, atau untuk mengurangi ukuran tumor sebelum operasi.

2. Terapi sistemik: Obat antikanker obat disuntikkan ke pembuluh darah atau diberikan melalui mulut. Ini termasuk terapi biologis, kemoterapi, dan terapi hormon.

Deteksi dini kanker payudara melalui pijat payudara yang benar, ikuti panduannya disini.

Posted on 20/10/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: