Suami Istri Terkena Kanker Payudara

Merry Wahyuningsih – detikHealth

Newcastle, Inggris,Kanker payudara memang lebih banyak mengancam wanita, tapi pria pun bisa terkena kanker ini. Sepasang suami istri harus mengalami nasib terkena kanker payudara.

Ann Cross, wanita usia 60 tahun asal Newcastle, Inggris, didiagnosa dengan kanker payudara pada tahun 2000 dan harus menjalani serangkaian program pengobatan.

Tahun 2010, Ann dan suaminya Paul Cross (63 tahun), terkejut ketika Paul menemukan benjolan di dada dan ketika diperiksa ternyata dokter juga mendiagnosanya dengan kanker payudara.

“Ini menjadi kejutan besar ketika saya harus didiagnosa menderita kanker payudara, tetapi yang lebih besar lagi ketika suami saya juga harus menderita sakit yang sama,” jelas Ann, yang kini harus menjalani serangkaian program pengobatan bersama suaminya di Breast Cancer Care di Newcastle pada hari Minggu, seperti dilansirBBC News, Kamis (24/3/2011).

Paul mengatakan ketika ia menemukan benjolan di dadanya, ia langsung menduga itu adalah kanker karena ia telah mengenal orang lain yang mengalami penyakit tersebut.

“Saat mandi pada suatu hari, saya merasa ada benjolan kecil di dada saya, lalu saya periksa dengan jari saya, itu ukurannya sekitar sebesar kacang polong,” jelas Paul.

Setelah beberapa minggu didiagnosa, Paul menjalani mastektomi (pengangkatan payudara) dan mengatakan bahwa sang istri memberinya banyak dukungan, karena ia pernah menjalani operasi yang sama sebelumnya.

“Ann menceritakan pada saya beberapa hal yang mungkin saya rasakan setelah menjalani operasi (pengangkatan payudara) ini,” jelas Paul.

Selain menjalani mastektomi, Ann juga menjalani pengobatan kemoterapi dan radioterapi, tetapi suaminya tidak menjalani pengobatan tersebut.

Meski mendapat cobaan berat, pasangan suami istri ini mengaku mereka tidak marah dengan apa yang terjadi padanya. Mereka bahkan mengatakan ingin meningkatkan kesadaran orang-orang terhadap kanker payudara.

“Kami ingin meningkatkan kesadaran (tentang kanker payudara) dan memberi dukungan (kepada penderita kanker payudara), karena kami telah mendapatkan dukungan dan perawatan yang luar biasa. Ini semacam cara mengucapkan ‘terima kasih’,” tutup Ann dan Paul.

Kanker payudara tidak hanya dialami wanita, pria juga memiliki jaringan payudara yang dapat mengalami kanker. Kanker payudara pada pria paling umum menyerang laki-laki usia 60-70 tahun.

Meskipun kanker payudara pria dan kanker payudara pada wanita mirip, perbedaan penting seperti terletak pada ukuran payudara dan kesadaran mempengaruhi diagnosis dini dan kelangsungan hidup dalam kasus kanker payudara pria.

Tanda yang paling umum untuk kanker payudara pria dan wanita adalah suatu benjolan atau penebalan pada payudara. Seringkali benjolan tidak menimbulkan rasa sakit.

Gejala kanker payudara pria antara lain, seperti dilansir Mayoclinic:

  1. Kulit dimpling atau kerutan
  2. Pengembangan lekukan baru pada puting
  3. Perubahan pada kulit puting payudara, seperti kemerahan.

Beberapa faktor risiko kanker payudara pada pria meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Genetik
  2. Kelebihan berat badan
  3. Esterogen berlebih
  4. Payudara berukuran besar
  5. Memiliki kelainan genetik langka seperti Klinefelter syndrome

Mengetahui tanda-tanda dan gejala kanker payudara dapat membantu menyelamatkan hidup. Semakin awal penyakit ini ditemukan, semakin banyak pilihan pengobatan dan kesempatan yang lebih baik.

Deteksi kanker payudara sedini mungkin dengan pijat payudara murah, aman, mudah dan alami. Klik disini.

Posted on 19/10/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: