Perempuan Suka Kopi Lebih Aman dari Kanker Payudara

AN Uyung Pramudiarja – detikHealth

img
foto: Thinkstock

Stockholm, Berbagai senyawa yang terkandung dalam kopi diketahui bersifat antioksidan sehingga diyakini bisa mengurangi risiko kanker. Termasuk pada perempuan, konsumsi 5 cangkir kopi sehari terbukti bisa mengurangi risiko kanker payudara hingga 57 persen.

Manfaat minum kopi untuk kesehatan payudara diungkap oleh Dr Per Hal, seorang profesor kedokteran dariKarolinka Institute di Swedia. Dalam penelitiannya, Dr Hal melibatkan sekitar 5.929 perempuan Swedia dengan rentang usia 50 hingga 70 tahun.

Hasil pengamatan selama beberapa tahun menunjukkan, 50 persen partisipan terkena kanker payudara. Ketika dibandingkan dengan gaya hidup dan faktor lainnya, Dr Hal menemukan hubungan antara kebiasaan minum kopi dengan risiko kanker payudara.

Partisipan yang minum 5 cangkir kopi tiap hari memiliki risiko kanker 33-57 persen lebih rendah dibandingkan partisipan yang minum kopi kurang dari 1 cangkir sehari. Jenis kanker payudara yang dipengaruhi oleh kebiasaan minum kopi adalah tipeEsterogen-Resistant (ER) Negative.

Beberapa penelitian sebelumnya juga membuktikan bahwa kopi bisa mengurangi risiko kanker, namun belum diketahui pasti senyawa apa yang berperan. Dugaan semula, senyawa tersebut adalah fitoesterogen namun ternyata tidak berpengaruh pada kanker payudara ER Positive.

“Saya sendiri tidak akan serta merta menyarankan untuk lebih banyak minum kopi sebelum tahu persis mekanisme biologis yang bisa menjelaskan hubungan ini,” ungkap Dr Hal dalam laporannya di jurnalBreast Cancer seperti dikutip dari HealthDay, Rabu (11/5/2011).

Sikap hati-hati yang ditunjukkan Dr Hal cukup beralasan, sebab penelitian lain yang juga dilakukan di Swedia mengungkap bahwa kopi juga bisa memberikan dampak negatif bagi payudara. Konon ukuran payudara bisa mengecil jika minum lebih dari 3 cangkir kopi tiap hari.

Seperti yang disampaikan Dr Hal, sebelum ada yang menjelaskan mekanismenya sebaiknya kopi memang tidak dikonsumsi berlebihan hanya karena ingin bebas dari risiko kanker payudara. Kalaupun benar bisa memperkecil ukuran payudara, yang penting tidak terlalu banyak.

 Mengungkap rahasia metode memperbesar & memperindah payudara! 
HANYA dengan media tangan anda sendiri dengan TEKNIK yang sudah didesign khusus 100% aman, sehat & alami! Dilengkapi dengan FOTO + VIDEO latihan ber-BAHASA INDONESIA (ada panduan suaranya dari penyusun langsung) untuk memudahkan latihan anda!  Klik disini :)

 

Posted on 18/10/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: