Seperti Apa Payudara Itu?

Payudara merupakan organ yang tersusun dari sejumlah kelenjar, jaringan berserat dan lemak, terletak di atas otot pectoral dinding dada dan tertempel pada otot oleh serat yang disebut cooper’s ligament. Satu lapisan lemak mengelilingi kelenjar payudara dan menyebar ke seluruh payudara. Jaringan lemak ini memberi payudara kekenyalan, kelembutan, dan lekuk menggantung.

Kelenjar air susu terhubung ke sistem saluran pengumpul air susu menuju dasar puting. Ujung saluran air susu menyebar melalui puting dan membuka di permukaan luar puting. Saluran air susu berakhir di puting, dan merupakan saluran air susu yang dihasilkan kelenjar dan dihisap bayi selama menyusui. Terdapat variasi puting wanita. Ada puting yang selalu ereksi (menonjol dan kaku), ada juga yang ereksi saat terangsang hawa dingin, kontak fisik atau aktivitas seksual. Ada juga wanita yang memiliki puting masuk ke dalam (inverted).

Di sekitar puting ada kulit berwarna gelap berbentuk lingkaran dan sedikit terangkat, disebut areola. Puting dan areola memiliki serat otot khusus yang membuat puting bisa ereksi dan memberi areola tekstur yang kencang. Areola juga memiliki kelenjar Montgomery, yang nampak sebagai benjolan kecil dan menyembul di atas permukaan areola. Kelenjar ini akan melumasi areola khususnya selama masa menyusui.

Kondisi bintil-bintil areola bukanlah merupakan gejala satu kondisi yang abnormal. Setiap payudara wanita memiliki bentuk berbeda-beda. Payudara setiap pribadi dipengaruhi volume jaringan dan lemak payudara, usia, sejarah kehamilan dan menyusui, keturunan, kualitas dan elastisitas kulit payudara, serta pengaruh hormon. Doc RahasiaPayudara

Posted on 01/08/2011, in Kesehatan Payudara and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: