HERBAL KANKER PAYUDARA

Alasan penggunaan herbal oleh penderita kanker adalah sebagai bentuk alternatif, komplementer, dan upaya penyelamatan akhir. Hal ini sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi efek samping atau komplikasi dari penyakit dan pengobatannya, serta meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh. Beberapa contoh tanaman herbal yang berkhasiat sebagai antikanker diantaranya adalah:

1. Kunyit

Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah daun dan rimpangnya. Kunyit dapat digunakan sebagai obat kanker karena mengandung saponin (zat antikanker), beta karoten, polifenol, dan flavonoid sebagai antioksidan (radikal bebas).

2. Keladi tikus

Semua bagian dapat digunakan sebagai obat yang dapat menghambat pertumbuhan dan menghancurkan sel kanker, serta menghilangkan efek samping kemoterapi.

3. Temulawak

Kandungan curcumin dalam rimpang temulawak berkhasiat sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan antitumor, juga berguna menghilangkan nyeri kanker.

4. Bawang putih

Zat utama bawang putih yang berkhasiat sebagai antikanker adalah diallyl sulfide (DAS), yang mampu menghambat pembentukan sel kanker.

5. Benalu

Seluruh bagiannya dapat digunakan sebagai obat. Diyakini benalu dapat digunakan untuk menghambat perkembangan sel kanker, mengobati bengkak, dan sebagai pereda rasa nyeri.

6. Lidah buaya

Zat lidah buaya yang berfungsi sebagai antikanker dan antitumor adalah acemannan.

7. Mahkota dewa

Berkhasiat mengobati kanker karena mengandung saponin dalam kulitnya dan alkaloid sebagai antikanker. Juga mengandung flavonoid dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang berefek antikanker.

8. Mengkudu

Zat antikanker dalam mengkudu selain saponin, flavonoid, polifenol, adalah asam amino l-arginin yang terdapat pada daunnya. Sehingga daun mengkudu pun mampu menghambat pertumbuhan kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk menangkal sel kanker. Perlu diperhatikan aturan pakai dan takaran konsumsinya sesuai petunjuk ahlinya.

Wallohu a’lam

Posted on 25/07/2011, in Kesehatan Payudara and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: