Puting Masuk ke Dalam

Dokter Spesialis : Reproduksi Wanita

Assalamu’ alaikum, Wr.Wb.
Saya siti (23 tahun), saya merasa ada kekurangan pada salah satu bagian tubuh saya, Saya memiliki payudara yang puting susunya masuk kedalam, pertanyaan saya:
1. apakah puting susu yang masuk kedalam itu bisa dikatakan sebagai penyakit?
2. apakah dengan puting susu yang masuk kedalam, pada saat punya anak nanti bisa tetap menyusui anak dengan baik?
3. saya takut nanti calon suami saya kecewa karena mungkin dia mengira dengan puting susu saya yang masuk kedalam adalah merupakan cacat tubuh, apa benar? bagaimana cara saya menjelaskannya?
4. apakah dengan putting susu yang masuk kedalam bisa mengurangi gairah pada laki-laki saat berhubungan?
Mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya
Wassalamu’ alaikum.

-siti-

Jawaban:

Waalaikum salam wr.wb.
Nona Siti, puting payudara yang masuk ke dalam dapat normal dapat pula tidak normal. Yang perlu diketahui apakah keluhan ini sudah ada sejak kecil atau baru saja terjadi. Pada beberapa orang memang puting payudaranya masuk ke dalam sejak kecil. Dan ini memang suatu hal yang normal. Yang perlu Anda khawatirkan adalah bila keluhan ini baru terjadi. Karena ada penyakit yang memiliki gejala masuknya puting.
Bila puting payudara Anda masuk ke dalam sejak dulu dan merupakan keadaan normal, maka Anda tidak perlu khawatir. Karena pada saat kehamilan terjadi proses pembesaran payudara termasuk putingnya. Dengan mencoba menarik puting selama kehamilan diharapkan pada saat Anda melahirkan puting payudara sudah keluar. Selain itu perlu Anda ketahui, bahwa proses menyusui yang baik tidak hanya menyertakan puting payudara. Mulut sang bayi harus mencakup seluruh areola mamae, yaitu lingkaran hitam di sekeliling payudara yang juga melebar dan menghitam selama kehamilan. Hal ini dapat Anda tanyakan pada dokter Anda pada saat pemeriksaan kehamilan.

Seperti yang saya katakan tadi. Bila puting payudara yang masuk sejak kecil, maka ini hanya merupakan variasi normal yang banyak terdapat pada wanita lain dan bukan merupakan cacat tubuh.
Sebenarnya saat berhubungan seksual, gairah laki-laki maupun wanita bergantung pada banyak hal. Tidak hanya tampakan fisik semata. Payudara memang salah satu organ penting dalam sebuah hubungan seksual. Namun tidak hanya itu. Sebaiknya Anda tidak perlu terlalu khawatir. Karena kekhawatiran Anda malah mungkin mempersulit hubungan seksual tersebut. Perlu diingat bila payudara Anda variasi normal maka fungsinya pun akan normal.

Payudara adalah salah satu organ erektil. Maksudnya, seperti penis, pada saat Anda bergairah maka payudara termasuk puting akan membesar, keras dan tegang. Anda perlu mengingat, apakah selama ini bila bergairah hal itu terjadi.

Terakhir, bila keluhan puting payudara yang masuk ini baru terjadi atau bila pada saat Anda bergairah payudara Anda beserta putingnya tidak memberikan reaksi membesar, keras dan tegang, maka sebaiknya Anda mengkonsultasikan kembali keluhan ini pada dokter Anda.
Semoga dapat membantu. Terima kasih

Wassalamu’alaikum.
(Dr. Herlina Septiarti)

sumber: konsultasi-dokter.blogspot.com

Posted on 13/11/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. subhanallah, saya sangat termotivasi dengan jwban diatas, trimksh dok,saya akn cb srannya…
    Bwt mb’ siti, mksh.. Kalo bkn krn prtnyaan mbk, saya, sya akn minder smpai kpnpun..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: