Seputar Penyakit Payudara

Payudara bisa hanya meradang dan infeksi, atau tumbuh tumor. Tumor sendiri bisa jinak bisa juga ganas. Yang jinak berupa:
(1) kista, (2) tumor diputing, (3) tumor jaringan kelenjar payudara fibroadenoma dan (4) cystosarcoma. Sedangkan yang ganas disebut kanker payudara atau carcinoma mammae.

SEPERTI APA PERADANGAN PAYUDARA?
Biasanya sebab kuman masuk lewat puting susu yang lecet dan tidak bersih. Kurang higiene perawatan puting susu selama menyusui menimbulkan infeksi mastitis. Payudara nyeri, bengkak, merah meradang. Saat infeksi, air susu harus dibuang sebab berisi kuman. Setelah diberi antibiotika beberapa hari biasanya menyembuh, dan baru boleh menyusukan kembali.

BERBAHAYAKAH PENYAKIT KISTA PAYUDARA?
Salah satu tumor jinak payudara berupa kista payudara. Tumbuhnya dipengaruhi oleh hormon ekstrogen. Biasanya mengenai kedua sisi, tumbuh balon-balon kista berisi cairan yang lebih dari satu. Terasa nyeri. Nyeri menghebat menjelang, dan sewaktu haid.

Kista jenis lain cuma satu. Biasanya kista sisa dari bekas radang, jaringan lemak yang mati, atau sumbatan saluran susu. Kista soliter biasanya tidak nyeri, dan sebaliknya diangkat.

MENGAPA KELUAR DARAH DARI PUTING SUSU?
Keluar darah dari puting susu tidak selalu berarti kanker payudara. Kemungkinan hanya tumor jinak jenis intraductalpapilloma. Tidak selalu mudah didiagnosis. Darah keluar dari puting jika ditekan, dan biasanya tidak berbahaya setelah tumornya dibuang.

APA FIBROADENOMA ITU?
Tumor jinak payudara paling banyak jenis fibroadenoma. Sering pada umur 20-25 tahun. Erat hubungannya dengan aktifitas hormon estrogen. Tumbuh sendiri atau beberapa, gampang digerakkan, dan tidak berubah ukurannya dengan daur haid. Umumnya tidak nyeri. Juga bila ditekan.

Oleh karena tumor jinak ini jenisnya tumbuhnya dipengaruhi oleh hormon hormon ekstrogen juga seperti kista payudara, maka sering muncul bareng dengan penyakit kista payudara juga.

Jika fibroadenomena tumbuh pada seluruh payudara, akan menjadi cystosarcoma philloides. Sering pada usia dia tas 35 tahun. Oleh karena besar dan keras, tumor jinak ini harus dibedakan dengan tumor ganas. Pada beberapa kasus bisa berubah ganas.

APA KANKER PAYUDARA ITU?
Ini jenis kanker kedua terbanyak setelah kanker leher rahim. Termuda bisa pada usia 20-an, dan tertua [ada usia 80-an. Terbanyak pada usia 40-49 tahun. Kanker payudara bersifat:
(1) cenderung familial. Ibu pernah kanker payudara anak perempuannya beresiko kena juga.
(2) Pada wanita mandul lebih sering dibanding yang subur; wanita yang menopause artifisial (sebelum umur 40 tahun) lebih kecil risiko kanker dibanding wanita yang terlambat menopause. Jenis kankernya bermacam-macam. Paling sering adenocarcinoma. Selain keras, tumor tak dapat digerak-gerakan sebab melekat pada jaringan sekitar. Jika sudah lanjut, kulit tampak keriput, dan puting tertarik ke dalam, mungkin keluar cairan atau darah dari puting.

Melihat ukuran, pembesaran kelenjar limfe, dan ada tidaknya anak sebar, kankerpayudara punya empat stadia (klasifikasi TNM). Semakin kecil tumor, dan belum ada kelenjar limfe yang terlibat, namun belum menyebar, stadium menengah. Stadium Terminal, jika kanker sudah menyebar. Semakin dini (tumor in situ, sebelum stadium I) kanker diatasi, semakin besar kesembuhan dan harapan bertahan hidup.

Terapi kanker yang masih Stadium 0, jaringan kanker diangkat, termasuk otot dada, kelenjar limfe ketiak, dan mengelupasi kulit. Jika stadium lanjut, gabungan operasi, obat cytostatica, penyinaran, terapi hormon, sampai pengangkatan indung telur.

SUMBER: Buku 428 Jawaban untuk 25 Penyakit Manajer, Bab Penyakit-penyakit Wanita Usia Reproduksi

Posted on 23/10/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: