Perawatan Pasca Melahirkan

 

Pada saat pasca kehamilan, ibu akan mengalami perubahan fisik di bagian kulit maupun di bagian alat reproduksi. Untuk itu, ibu memerlukan perawatan pasca melahirkan selama enam minggu atau 40 hari. Perawatan ini bisa dilakukan oleh ibu sesegera mungkin. Adapun beberapa hal yang perlu ibu perhatikan saat berada di masa pasca kehamilan, antara lain:

  1. Perawatan Payudara
    Hindari pembengkakan payudara pada masa pasca kehamilan, caranya adalah memenuhi kebutuhan bayi dengan memberikan ASI sedini mungkin dan sesuai kebutuhan bayi. Usahakan untuk tidak menggunakan bra yang menekan atau sempit. Apabila payudara terasa sakit, pijat ringan bagian payudara yang sakit dengan menggunakan breast oil dan air hangat. Pemijatan menggunakan breast oilini juga berguna untuk merangsang kelancaran ASI dan merawat payudara ibu.
  1. Perhatikan Rahim
    Penciutan rahim terjadi pada hari pertama sampai hari ke-9 setelah melahirkan. Hal ini dapat diketahui dengan meraba bagian bulat agak keras di bawah pusat. Pada hari ke-10 sampai 14, rahim tidak teraba lagi. Penciutan rahim dibantu oleh oksitosin, yaitu hormon yang mengontraksikan otot-otot rahim yang keluar saat menyusui. Penciutan rahim ini terjadi karena lancarnya pengeluaran cairan vagina (lochea). Penciutan kandungan yang tidak normal terjadi akibat infeksi lapisan rahim yang rentan infeksi akibat lepasnya plasenta dan kurang mobilisasi. Tanda-tandanya antara lain sedikit demam, agak sakit pada perut bagian bawah, dan kadang vagina berbau kurang sedap karena keluarnya lochea tidak lancar.
    1. Atasi Selulit dan Stretchmark
      Selulit adalah penumpukan sel-sel lemak yang berlebihan pada jaringan kulit, sehingga membuat permukaan kulit tampak tidak rata. Penumpukan itu terjadi akibat peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron secara drastis. Sedangkan stretchmark adalah garis-garis putih vertikal yang timbul akibat rusaknya jaringan pada lapisan dermis kulit yang mengalami peregangan secara drastis dan mendadak.

Ibu dapat mengatasi selulit dengan cara berolahraga secara teratur, seperti senam, berenang atau bersepeda. Sedangkan untuk perawatan kulitnya, ibu dapat menggunakan cream yang khusus diformulasikan untuk membantu merawat kekencangan kulit setelah melahirkan. Cream ini dapat membantu ibu untuk mengembalikan elastisitas dan mengencangkan kulit setelah melahirkan. Pilihlah cream yang mengandung minyak zaitun agar kulit ibu menjadi lebih halus. Gunakan cream ini saat beberapa bulan setelah melahirkan.

Selain perawatan dari luar, ibu juga perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat memulihkan kondisi pasca melahirkan. Perbanyak serat dan juga makanan sehat bergizi untuk mempercepat proses pemulihan dan juga sekaligus meningkatkan kualitas ASI.
sumber: klikdokter.com

 *Mengungkap rahasia metode memperbesar & memperindah payudara! 
HANYA dengan media tangan anda sendiri dengan TEKNIK yang sudah didesign khusus 100% aman, sehat & alami! Dilengkapi dengan FOTO + VIDEO latihan ber-BAHASA INDONESIA (ada panduan suaranya dari penyusun langsung) untuk memudahkan latihan anda!  Klik disini :)

 

Posted on 19/10/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: