Jangan Abaikan Rasa Sakit di Payudara

Payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dirawat dan dijaga kesehatannya karena berfungsi sebagai :

* Pemberi makanan bayi

* Kenikmatan Seks

Sebagai perempuan, harus waspada apabila setiap kali payudara terasa :

* Berdenyut

* Sakit

* Serasa di tusuk – tusuk

* Membengkak

* Ditemukan adanya benjolan.

Kanker ?

Belum tentu, meskipun begitu perlu di waspadai apabila ditemukan gejala – gejala tersebut atau ketidakwajarlah pada payudara sebaiknya diperiksakan ke dokter. Kemungkinannya menjalani Mammogram atau Ultrasonografi atau lainnya.

Kelegaaan akan anda dapatkan apabila penyebab rasa sakit tersebut bukanlah suatu keganasan. Walaupun begitu, tetaplah wajib mencari penyebab rasa tidak nyaman di payudara, disertai solusinya secara kedokteran dan alternatif.

Kista Payudara

Rasa sakit dan tidak nyaman bisa disebabkan oleh Kista yang berisi cairan yang tumbuh pada payudara.

Kista payudara sebagai reaksi dari surut dan meningkatnya aliran hormon dari bulan ke bulan, dari tahun ke tahun, maka kemungkinan akan tumbuh jaringan berserat mirip bekas luka yang mengikat cairan tubuh dan membentuk kista yang kerasdan dapat berpindah – pindah.

Kadangkala kista akan menekan saraf yang ada didekatnya dan membuat peradangan di jaringan sekitarnya yang menyebabkan pembengkakan di bagian itu.

Solusi :

Dokter mungkin akan menyedot cairan yang ada dalam kista menggunakan jarum suntik yang akan mematikan kista. Namun bila cairan tersebut mengandung darah, dan kista tidak hilang atau bila kista pulih kembali dalam sekejap, maka perlu dilakukan biopso untuk mengetahui apakah ada keganasan. Bila ada tanda – tanda keganasan kista harus diangkat melalui operasi.

Menurut Melvin J Siverstein, MD , Direktur Lee Breats Center dari Norris Comprehensive Cancer Center, Los Angeles : ” Biasanya Kista jinak tidak akan tumbuh menjadi kanker. Kista kecil tidak perlu diobati. Kista semacam itu muncul dan menghilang dengan sendirinya. Tetapi Kista besar yang dapat dirasakan kehadirannya, sebaiknya diangkat .”

Alicia Gonzales, ND, dosen Bastyr University, Seattle, menasehatkan untuk mengurangi konsumsi kopi untuk menghambat kista tumbuh kembali. Tentu tidak semua wanita harus mengurangi minum kopi, namun sebagian besar yang menderita kista mengalami penyembuhan setelah mengurangi minum kopi.

Meningkatkan konsumsi :

* Makanan kaya yodium , seperti kerang – kerangan

* Satu or dua sendok makan flaxseed oil .

Tumor Payudara

Tumor jinak dan padat bisa berkembang dalam jaringan serat payudara . Tumor semacam ini umum diderita remaja wanita, meskipun dapat terjadi pada wanita segala usia. Biasanya dilakukan biopsi untuk melihat adanya keganasan.

Menurut Melvin J Siverstein, MD , ” Sebaiknya tumor semacam itu diangkat, terutama jika menimbulkan rasa sakit ( jarang terjadi ) atau jika menyebabkan rasa tidak nyaman. Pengangkatan tumor dilakukan dengan operasi . “

Infeksi Payudara

Gejala klasik infeksi adalah :

* Radang kemerahan di kulit payudara

* Rasa panas

* Kadang Demam

* Sakit kepala

Infeksi payudara umumnya dialami oleh wanita yang sedang menyusui, namun bisa juga terjadi jika ada akumulasi cairan disuatu bagian payudara.

Pada wanita mendekati masa menopause :

* Saluran dibawah puting susu menjadi tersumbat dan meradang.

* Keluar cairan pekat dan lengket dari puting susu.

Infeksi Payudara menyerang :

* Wanita yang pernah dioperasi payudaranya ( misalnya Lumpectomy )

* Sistem Imun yang lemah .

* Wanita perokok ( karena penyempitan pembuluh darah, sehingga menghambat pengiriman O2 )

Solusi :

* Kompres panas 3-4 X sehari @ 10 menit, akan membantu mengurangi rasa sakit / tidak nyaman.

* Antibiotika untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.

* Bila terjadi abses diperlukan sayatan kecil dengan anestesi lokal untuk mengeluarkan nanah.

* Operasi untuk mengangkat jaringan yang terinfeksi.

Deteksi Kanker Payudara :

* Mamografi      ( Sinar X dari samping, atas ke bawah )

* USG              ( transmisi gelombang suara flekuensi tinggi )

* MRI               ( Magnetic Resonance Imaging , untuk membedakan jinak atau ganas )

Waspadai perubahan – perubahan fisik payudara

Jangan tunda berkonsultasi dengan dokter khususnya dokter spesialis bedah onkologi (SpBOnk), jika anda menemukan perubahan – perubahan yang persisten pada diri anda setelah periode haid, bila :

* Benjolan disekitar payudara sekecil apapun (dari sekitar puting sampai ketiak ).
* Perubahan ukuran, bentuk, dan kontur payudara.
* Perubahan kulit ( cekungan, retraksi, warna kemerahan, warna kehitaman, peradangan, samapai kulit bersisik.
* Perubahan rasa : gatal ; nyeri pada fase lanjut, dan lain-lain.
* Keluarnya discharge atau cairan dari puting.

Payudara Sakit menjelang Haid

Keluhan umum wanita pada masa menjelang haid adalah :

* Rasa sakit bila tersenggol

* Payudara membengkak

Lebih dari 50% wanita mengalami hal tersebut di atas. Meskupun tidak parah tetapi cukup mengganggu dan tidak nyaman.

Biasanya terasa :

* 3 – 5 hari menjelang haid

* Berakhir seminggu setelah haid.

Menurut penelitian Richard J Santen, MD, Professor Ilmu Kedokteran di University of Virginia Health System di Charlottesville :

1 dari 10 wanita menderita rasa sakit di payudara menjalar sampai ketiak bahkan sampai lengan.

Belum dapat diketahui, mengapa ada wanita yang menderita sakit payudara menjelang haid dan ada yang payudaranya baik-baik saja. Namun para ahli memperkirakan rasa sakit itu disebabkan perubahan hormon dan kadar cairan tubuh menjelang haid.

Pada paruh kedua siklus masa haid, kadar hormon progesteron dan estrogen mulai meningkat dan mancapai puncaknya sekitar satu minggu sebelum haid mulai. Perubahan hormon setiap bulan itu menyebabkan rasa tidak nyaman pada payudara.

Christiane Northup, MD, dokter ahli kandungan dan penulis buku ” Women’s Bodies, Women’s Wisdom, percaya bahwa wanita yang mengeluh payudaranya membengkak menjelang haid memproduksi estrogen lebih banyak dibandingkan progesteron.

Ada alasan tambahan selain masalah hormon. Pada seseorang, rasa tidak nyaman bulanan yang dialaminya surut pada awal haid dan di saat kadar estrogen serta progesteron berada pada tingkatan paling rendah. Rasa tidak nyaman bulanan juga meningkat sebelum menopause, dan menghilang setelah menopause ketika kadar kedua hormon semakin menghilang tidak diproduksi lagi oleh tubuh dan haid terhenti.

Rasa sakit yang bukan dialami bulanan umumnya terjadi pada satu payudara. Rasa sakitnya tajam atau panas serasa terbakar.

Solusi :

* Untuk menghindari rasa tidak nyaman payudara yang membengkak, gunakan BH dengan ukuran yang pas namun tidak ketat dan tanpa kawat untuk menghindari terhambatnya aliran darah dan sirkulasi cairan limfe.
* Minum pil antiradang ibuprofen akan mengurangi rasa sakit payudara.
* Minum kapsul evening primrose oil juga bisa mengurangi rasa sakit payudara. Biji – biji tanaman evening primrose mengandung asam gama linoleat. Kekurangan asam tersebut akan mencetuskan rasa sakit oayudara menjelang haid.Reaksi positif setelah mengkomsumsi kapsul minyak evening primrose diteliti di Inggris menunjukan :

- 58% wanita dengan rasa sakit bulanan

- 38% wanita dengan rasa sakit non-bulanan.

* Mengurangi atau sama sekali menghindari minum kopi, dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada payudara.Jennifer Gass, MD, Direktur Breast Health Center di Women dan Infants Hospital di Rhode Island, Providence menganjurkan mengurangi minum kopi dan ” 50% pasiennya memberikan respon positif setelah mengurangi minum kopi “.

Penelitian menunjukan bahwa kopi memperparah simtom PMS ( Post Menstrual Syndrome ) karena meningkatkan kadar estrogen.

SADARI = pemeriksaan payudara sendiri

Sebaiknya mulai rutin dilakukan sejak perempuan memasuki usia 20-an, dilaksanakan sekitar 3 – 5 hari setelah haid berhenti dan tidak dialakukan saat sedang haid atau menjelang haid, karena hasil pemeriksaan akan rancu dengan kondisi payudara membengkak dan benjol akibat pengaruh hormon.

Sebaiknya dilakukan setiap bulan pada tanggal yang sama terutama setelah menopause.

Teknik – teknik pelaksanaan SADARI :

* Berdiri di depan cermin, telanjang dada.Perhatikan payudara anda, tangan rileks menjuntai. Perhatikan apakah ada perubahan bentuk ( benjolan ) , posisi, perubahan tekstur dan warna kulit ( permukaan kulit tidak rata, cekungan, berwarna kehitaman, atau kerutan seperti kulit jeruk ), dan luka atau borok. Jangan kuatir jika ukuran payudara kanan tidak sama dengan yang kiri, karena memang ada payudara seperti itu. Perhatikan juga daerah puting, apakah ada perubahan bentuk atau perubahan arah. Pada beberapa kasus, arah puting menjadi miring atau malah tertarik ke dalam. Ini menunjukan indikasi kanker.
* Posisi tangan kacak pinggang, kemudian tekan tangan ke pinggang sehingga otot dada menjadi kencang atau terjadi konstraksi, perhatikan apakah ada perubahan bentuk pada payudara.
* Periksa apakah ada cairan yang keluar dari puting ( discharge ). Caranya letakan ibu jari dan telunjuk di sekeliling puting, kemudian tarik puting keluar. Dalam keadaan normal dan bila tidak sedang menyusui, seharusnya tidak ada cairan yang keluar dari puting.
* Selanjutnya berbaring dengan bantal dipunggung. Letakkan tangan kanan belakang kepala. Tangan kiri berada pada payudara kanan dengan seluruh ibu jari dirapatkan dan rata. Mulai meraba secara melingkar dari luar ke dalam. Pastikan seluruh daerah payudara bagian luar sampai ke arah ketiak. Lakukan juga dengan payudara kiri menggunakan tangan kanan.
* Rapatkan jari – jari tangan dan letakkan diatas puting. Tekan ke arah punggung, rasakan ada tidaknya perubahan di daerah bawah puting. Puting yang normal dengan mudah dapat di gerakan. Raba pula daerah di atas dan di bawah tulang selangka untuk mendeteksi adanya benjolan .

Source : Nirmala Januari 2007

Produla

 

*  Ekstrak Pemphis Acidulla    100 mg

*  Ekstrak Glycin Max                 100 mg

Produla adalah formulasi kombinasi dari bahan alam yang berkhasiat obat dan dijamin potensinya oleh standart internasional dengan kadar tertentu sesuai dengan standart Fito Farmaka.

 

Khasiat :

Pemphis Acidulla terdapat zat anti kanker :

* 2- hydroxyl-pleanoli acid

* hypatic acid-A

Terdapat senyawa fenol , terpenoid ( Minyak atsiri ) , Steroid , Flavonoid dan antosian .

Glycin Max  .

Dengan bioaktivitas sebaga berikut :

* Aktivitas Cytotoxic terhadap sin vitro sel kakner P – 338 ;

* Aktivitas pencegahan terhadap sel kanker ( dengan metode gold colloid ) ;

* Aktivitas pencegahan terhadap serbuan sel kanker ke dalam lapisan sel Mesothelial .

Secara keseluruhan Produla bermanfaat untuk :

* Membantu menghambat perkembangan sel kanker ;

* Kista Rahim ;

* Kanker Payudara – Rahim – Mulut – Tenggorokan – Getah Bening ;

* Diabetes .

Cara pemakaian :

3 x 1 – 2 kapsul

Obat disimpan di tempat yang sejuk.

Botol isi : 30’s kapsul

POM TR 053 345 151                                                                           Hubungi  :  0812 – 3284697

SoyaCholin

 

* Ekstrak Silymarin                      25 mg

* Ekstrak Curcuma Xanthoriza  10 mg

* Ekstrak Glycin Max                    200 mg ( 110 mg PUPC )

SoyaCholin adalah formulasi kombinasi dari bahan alam yang berkhasiat obat dan dijamin potensinya oleh standart internasional dengan kadar tertentu sesuai dengan standart Fito Farmaka.

 

Khasiat :

Dari sisi lemak PUPC memperbaiki dinding sel seluruh tubuh khususnya dinding ” Sel Liver ” dimana hampir 80% energi dihasilkan.

Silymarin memperbaiki dinding sel dari sisi protein.

Curcuma Xanthoriza meningkatkan produksi dan aliran cairan empedu, sehingga dapat meningkatkan sistem pencernaan ( nafsu makan ).

Secara keseluruhan SoyaCholin bermanfaat untuk :

*  Menambah stamina, karena meningkatkan pembentukan energi sehingga tubuh menjadi lebih

   segar.

*  Menjaga fungsi liver tetap prima walaupun ada gangguan polusi, stress karena terlalu banyak

   bekerja, makan makanan yan banyak mengandung lemak, dll

*  Menjaga kadar lemak dan kolesterol darah tetap stabil.

*  Menambah nafsu makan

*  Menjaga stabilitas penderita diabetes.

Cara pemakaian :

Bila ada keluhan ringan diberikan sebelum tidur dan sesudah tidur masing – masing 1 kapsul pada saat makan dan sarapan. Bila ada tanda – tanda akan sakit dapat diberikan 3 x 1 kapsul pada saat makan pagi, makan siang dan makan malam. Obat disimpan di tempat yang sejuk.

Botol isi : 30’s kapsul

POM TR 043 340 241

sumber: persadaindo.com

Dapatkan informasi lengkap seputar penyakit-penyakit payudara dan perawatannya di member area rahasiapayudara. Klik order.    

Posted on 19/10/2011, in Kesehatan Payudara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: